ORGANISASI
A.Pengertian organisasi
Dibawah ini akan ada 6 tokoh yang akan menjelaskan
pengertian dari organisasi tersebut,yaitu :
- Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro mengatakan organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
- Chester L Bernard (1938) mengatakan bahwa Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih ( Define organization as a system of cooperative of two or more persons) yang sama-sama memiliki visi dan misi yang sama.
- Paul Preston dan Thomas Zimmerer mengatakan bahwa Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. (Organization is a collection people, arranged into groups, working together to achieve some common objectives).
- Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
- Prof Dr. Sondang P. Siagian, mendefinisikanorganisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.
- James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
B.Ciri-Ciri dan unsur-unsur dari organisasi
a.
Ciri-Ciri
· Terdapat suatu komponen ( atasan dan bawahan)
· Terbentuknya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang)
· Adanya tujuan
· Adanya sasaran
· Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
· Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.
b. Unsur-Unsur
· Manusia
(Man).
· Kerjasama
· Tujuan
Bersama
· Peralatan
(Equipment)
· Lingkungan
· Kekayaan
alam
· Kerangka/Konstruksi
mental
Secara garis besar memiliki 3 unsur, yaitu:
· Manusia
· Kerjasama
· Tujuan
Bersama-sama
C.Bentuk-bentuk bagan struktur
Organisasi:
- Bagan Horizontal: mengapa bagan tersebut di katakan horizontal karena pada bagan tersebut jika semakin banyak jabatan-jabatan yang di buat dalam perusahaan tersebut maka bagan ini akan semakin luas menyamping.
- Bagan vertikal adalah kebalikan dari bagan Horizontal. Bagan Vertikal pada umumnya bagan ini jika dalam perusahaan banyak sekali jabatan atau kepala-kepala bagian dari masing-masing divisi maka bagan ini akan semakin panjang ke bawah.
- Bagan Piramid: Bagan ini sangat mudah digunakan karna bentuknya seperti Piramid yang menempatkan bagian-bagian dalam perusahaan yang paling tertinggi di letakan pada bagian Top dan untuk karyawan di letakan Mid dan untuk Office Boy di letakan pada Bagian Lower.
- Bagan Lingkaran: Kenapa bagan ini berbentuk lingkaran karna mungkin dalam suatu perusahaan memang sangat memiliki perbedaan tersendiri dalam menyusun bagian-bagian dari perusahaan itu tersebut oleh karena itu banyak sekali model bagan yang terbentuk.pada model bagan ini jika setiap penambahan anggota maka bagan ini akan bertambah diameternya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar