Pengertian komunikasi,Hambatan dan
klasifikasi.
1. Pengertian Komunikasi
Pasti semua
orang butuh dan pernah tau yang namanya komunikasi, jadi Komunikasi adalah
suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu
pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau
verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa
verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan
dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya
tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut
komunikasi nonverbal.
2. Hambatan Komunikasi
a)
Hambatan dari Proses Komunikasi,Hambatan dari
pengirim pesan, misalnya pesan yang akan disampaikan belum jelas bagi dirinya
atau pengirim pesan, hal ini dipengaruhi oleh perasaan atau situasi emosional.Hambatan
dalam penyandian/simbol, Hal ini dapat terjadi karena bahasa yang dipergunakan
tidak jelas sehingga mempunyai arti lebih dari satu, simbol yang dipergunakan
antara si pengirim dan penerima tidak sama atau bahasa yang dipergunakan
terlalu sulit.
Hambatan media, adalah hambatan yang
terjadi dalam penggunaan media komunikasi, misalnya gangguan suara radio dan
aliran listrik sehingga tidak dapat mendengarkan pesan. Hambatan dalam bahasa
sandi. Hambatan terjadi dalam menafsirkan sandi oleh si penerima. Hambatan dari
penerima pesan, misalnya kurangnya perhatian pada saat menerima /mendengarkan
pesan, sikap prasangka tanggapan yang keliru dan tidak mencari informasi lebih
lanjut. Hambatan dalam memberikan balikan. Balikan yang diberikan tidak
menggambarkan apa adanya akan tetapi memberikan interpretatif, tidak tepat
waktu atau tidak jelas dan sebagainya.
b)
Hambatan Fisik,Hambatan fisik dapat mengganggu
komunikasi yang efektif, cuaca gangguan alat komunikasi, dan lain lain,
misalnya: gangguan kesehatan, gangguan alat komunikasi dan sebagainya.
c)
Hambatan Semantik.Kata-kata yang dipergunakan
dalam komunikasi kadang-kadang mempunyai arti mendua yang berbeda, tidak jelas
atau berbelit-belit antara pemberi pesan dan penerima
d)
Hambatan Psikologis,Hambatan psikologis dan
sosial kadang-kadang mengganggu komunikasi, misalnya; perbedaan nilai-nilai
serta harapan yang berbeda antara pengirim dan penerima pesan.
3.
Klasifikasi Komunikasi:
Di bawah ini ada
beberapa klasifikasi komunikasi dalam organisasi yang di tinjau dari beberapa
segi :
1.Dari segi
sifatnya :
a. Komunikasi Lisan,komunikasi yang berlangsung lisan /
berbicara
cth:
presentasi
b. Komunukasi
Tertulis komunikasi melalui tulisan
Cth: email
c. Komunikasi
Verbal\,komunikasi yang dibicarakan/diungkapkan
cth: curhat
d. Komunikasi
Non Verbal,komunikasi yang tidak dibicarakan(tersirat)
cth: seseorang
yang nerves (gemetar)
2. Dari segi
arahnya :
a. Komunikasi
Ke atas,komunikasi dari bawahan ke atasan
b. Komunikasi
Ke bawah,komunikasi dari atasan ke bawahan
c. Komunikasi
Horizontal,komunikasi ke sesama manusia / setingkat
d. Komunikasi Satu Arah,pemberitahuan
gempa melalui BMKG(tanpa ada timbal balik)
e. Komunikasi Dua Arah,berbicara
dengan adanya timbal balik/ saling berkomunikasi.
3. Menurut
Lawannya :
a. Komunikasi Satu Lawan Satu,berbicara
dengan lawan bicara yang sama banyaknya
cth:berbicara
melalui telepon
b. Komunikasi Satu Lawan Banyak
(kelompok),berbicara antara satu orang dengan suatu kelompok
Cth: kelompok satpam
menginterogasi maling
c. Kelompok Lawan Kelompokberbicara
antara suatu kelompok dengan kelompok lain
Cth: debat partai politik
4.Menurut Keresmiannya :
a. Komunikasi
Formal,komunikasi yang berlangsung resmi
cth: rapat pemegang saham
b. Komunikasi
Informal,komunikasi yang tidak resmi
cth :
berbicara dengan teman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar